Capt. Desmond Hutagaol

Captain Desmond Hutagaol lahir di kota kecil Balige, Sumatera Utara, pada tanggal 27 Juli 1942. Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Rakyat (sekarang Sekolah Dasar), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Teknik Menengah (STM) di kota kelahirannya, pada akhir tahun 1961 penulis diterima untuk mengikuti pendidikan penerbang angkatan ke-10 di Akademi Penerbangan Indonesia (Indonesian Aviation Academy) di Curug, Tangerang.
Pada tahun 1966 penulis diterima menjadi penerbang pada Perusahaan Negara (PN) Garuda Indonesian Airways (kini PT Garuda Indonesia). Selama bertugas di PT Garuda Indonesia, penulis memiliki Air Transport Pilot License (ATPL-nomor 650) Republik Indonesia dan telah menerbangkan beberapa jenis pesawat angkut sipil bermesin propeler seperti Douglas DC-3/C-47 (Dakota), Fokker F-27, dan pesawat bermesin jet Fokker F-28, Douglas DC-9 di dalam negeri maupun penerbangan internasional dengan pesawat Jumbo Boeing 747-200 kemudian Boeing 747-400.

Pada tahun 1971, penulis diberi kesempatan mengikuti pelatihan instruktur penerbang. Sejak itu, di samping sebagai Captain pilot, penulis juga bertugas sebagai instruktur penerbang dan kemudian sebagai check pilot (penerbang penguji yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara) untuk tipe pesawat F-27, F-28, DC-9, untuk melatih dan menguji para penerbang yang baru diterima di PT Garuda Indonesia. Tugas ini berlanjut hingga akhir masa baktinya baik sebagai simulator instructor, flight instructor, dan check pilot untuk para penerbang senior yang sedang menjalani up-grading ke pesawat besar seperti Boeing 747-200 dan 747-400.

Penulis pensiun dari PT Garuda Indonesia pada 27 Juli 2002 di usia 60 tahun dan telah memiliki 23,000:00 jam terbang. Hingga pertengahan Oktober 2008, penulis masih aktif sebagai penerbang pada sebuah perusahaan penerbangan eksekutif jet di Indonesia.

Apakah anda seorang pengarang? Silahkan kontak kami di cs@bukabuku.com untuk memperbarui biografi anda

Beberapa buku yang pernah ditulis oleh Capt. Desmond Hutagaol:
Pengantar Penerbangan: Perspektif Profesional
oleh Capt. Desmond Hutagaol
Stock tidak tersedia