Cari berdasarkan:



Cara Mudah Menggambar Dengan Pensil
 


Maaf, stock buku kosong atau out-of-print.


Cara Mudah Menggambar Dengan Pensil 
oleh: Veri Apriyatno, SSn
> Hobi & Interest » Menggambar & Melukis

Penerbit :    Kawan Pustaka
Edisi :    Soft Cover
ISBN :    9793034823
ISBN-13 :    9789793034829
Tgl Penerbitan :    2005-00-00
Bahasa :    Indonesia
 
Halaman :    viii + 120hlm
Ukuran :    210x280x0 mm
Sinopsis Buku:
Gambar merupakan bahasa yang universal dan telah berkembang sebelum ditemukannya bahasa tulisan. Sejak zaman prasejarah manusia primitif telah mengenal gambar sebagai bahasa rupa. Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya gambar dan lukisan di goa-goa tempat manusia tinggal saat itu. Dan gambar-gambar tersebut terdapat beberapa kesamaan tema dan objek gambar. Pada umumnya, tema yang diangkat adalah seputar kehidupan manusia sehari-hari pada zaman itu, seperti berburu binatang, benda-benda langit, dan ritual keagamaan yang berkembang saat itu (animisme dan dinamisme).

Seiring dengan berkembangnya zaman dan peradaban manusia, seni menggambar juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tiap suku dan etnis mempunyai ciri khas sendiri dalam hal motif atau gayanya. Gambar tidak hanya berfungsi sebagai hiasan semata tetapi lebih sarat dengan isi dan muatan filosofis yang dianggap memiliki kekuatan magis dan melukiskan mitologi yang dipercaya manusia beribu-ribu tahun lamanya.

Dewasa ini, seni menggambar tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang sakral. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan gambar mengalami pergeseran fungsi dan makna Saat ini menggambar sudah menjadi bidang keilmuan yang mempunyai banyak cabang dan turunan menurut fungsinya. Menyatu dengan perkembangan teknologi sebagai sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Menggambar adalah induk dari segala ilmu seni rupa, baik itu seni rupa murni (seperti seni lukis, seni patung, seni grafis, seni keramik) maupun seni rupa terapan (seperti desain dan arsitektur).

Pada dasarnya, menggambar adalah keterampilan yang bisa dipelajari oleh setiap orang, terutama bagi yang punya minat untuk belajar. Menggambar adalah sebuah proses kreasi yang harus dilakukan secara intensif dan terus-menerus. Menggambar merupakan wujud pengeksplorasian teknis dan gaya, penggalian gagasan dan kreativitas, bahkan bisa menjadi sebuah ekspresi dan aktualisasi diri. Hal ini karena selain memiliki fungsi praktis, menggambar juga memiliki fungsi untuk terapi secara psikologis.

Bagi seorang perupa, seperti seniman, desainer, arsitek, komikus, kartunis, ilustrator, dan drafter, keterampilan, pengetahuan, dan wawasan dalam menggambar teknik dasar mutlak harus dikuasai sebagai basic proses kreasinya. Pada intinya, menggambar adalah perpaduan keterampilan (skill), kepekaan rasa (teste), kreativitas, ide, pengetahuan, dan wawasan.




Resensi Buku:
Jadilah yang pertama untuk meresensi buku ini!



Buku Sejenis Lainnya:
oleh Fudou
Rp 55.000
Rp 44.000

Menampilkan sosok unik dengan ciri khas mata yang berukuran besar dan ekspresi wajah yang lucu terbukti mampu menarik banyak perhatian para ...  [selengkapnya]

oleh Veri Apriyatno, S.Sn
Rp 40.000
Rp 34.000
“Menggambar itu bukan bakat.”
Itu yang selalu diungkap Veri Apriyatno di setiap talkshow-nya. Menggambar memang sebuah proses ...  [selengkapnya]
Isi 3 Buku
oleh Zharwo
Rp 50.000
Rp 42.500
Paket Cara Paling Cepat dan Gampang berisi 3 buku:
1. [selengkapnya]
oleh Yenny Wijaya Alamsyah, Amanokawa Osa
Rp 25.000
Rp 21.250
Sinopsis belum ada  [selengkapnya]


Lihat semua buku sejenis »




Advertisement