Cari berdasarkan:



HAM dalam Perspektif Islam
 








HAM dalam Perspektif Islam 
oleh: Drs. Ahmad Kosasih, M. A.
> Religius » Islam » Sosial Politik

List Price :   Rp 39.900
Your Price :    Rp 33.915 (15% OFF)
 
Penerbit :    SALEMBA DINIYAH
Edisi :    Soft Cover
ISBN :    9799686660
ISBN-13 :    9789799686664
Tgl Penerbitan :    2003-00-00
Bahasa :    Indonesia
 
Halaman :    260
Ukuran :    150x210x0 mm
Sinopsis Buku:
Hak Azasi Manusia adalah anugerah Tuhan kepada manusia sebagai khalifah-Nya di bumi. Hak itu menunjukkan supremasi manusia di atas makhluk-makhluk lain. Kemerdekaan hak azasi ini diberikan agar manusia dapat menjalankan fungsi kekhalifahannya. Tanpa memahami hak-hak tersebut mustahil manusia dapat menjalankan semua tugas dan kewajibannya sebagai khalifah.

Sebuah organisasi tertentu yang bernama PBB berusaha melegitimasikan dan menstandarkan hak-hak azasi manusia. Organisasi ini berusaha mengakomodir keinginan bangsa-bangsa di dunia yang amat prinsipil di dalam pasal-pasal HAM.

Namun justru di sinilah duduk permasalahannya. Pasal-pasal yang seharusnya menjadi wahana untuk melindungi hak-hak azasi manusia justru menyulut pelanggaran. HAM yang dideklarasikan PBB hanya bersumber pada filosofi semata, bersifat antrofosentrik, dan lebih mengutamakan hak daripada kewajiban. Dalam konsep tersebut hak-hak pribadi sangat dipentingkan sehingga pencegahan terhadap pelanggaran HAM pun justru dianggap melanggar HAM itu sendiri.

Berbeda halnya dengan HAM yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Dalam konsep ini manusia dipandang sebagai makhluk yang dititipi hak oleh Tuhan, bukan sebagai pemilik mutlak. Karena itulah dalam menjalankan dan menegakkan hak-haknya, manusia harus bersandar pada ajaran Tuhan.


Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Hak-hak Asasi Manusia (HAM) dan Sejarah Lahirnya: A. Latar Belakang Pemikiran Tentang HAM, B. Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM), C. Sejarah Lahirnya HAM, Catatan Akhir (End Notes) Bab II. Bab 3 Perspektif Islam Tentang Hak-hak Asasi Manusia (HAM) : A. HAM Sebagai Tuntutan Fitrah Manusia, B. Perimbangan Antara Hak-hak Individu dan Masyarakat, C. Perbedaan Pandangan antara Islam dan Barat Tentang HAM, Catatan Akhir (End Notes) Bab III. Bab 4 Dasar-dasar Hak-hak Asasi Manusia (HAM) dalam Al-Qur’an: A. Hak Persamaan dan Kebebasan, B. Hak Hidup, Perlindungan dan Kehormatan, C. Hak Kepemilikan. Bab 5 Hak-hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia: A. Wacana HAM dalam Perumusan UUD 1945, B. Ham, Demokrasi dan Masyarakat Madani, C.Penegakan HAM dan Sebuah Dilema, D. Antara HAM dan Tekanan Negara Adidaya.




Copyright © Penerbit Salemba 2004.




Resensi Buku:
Jadilah yang pertama untuk meresensi buku ini!



Buku Sejenis Lainnya:
oleh Prof. DR. H. Abuddin Nata, MA.
Rp 45.000
Rp 38.250
Buku ini berasal dari kumpulan para ahli hukum Islam yang tidak hanya sekadar memberikan solusi hukum atas berbagai permasalahan yang timbul sebagai ...  [selengkapnya]
oleh Dr. H. Abdul Hamid, M.Ag
Rp 60.000
Rp 51.000
Terdapat banyak kajian tentang bagaimana seharusnya Konsep Syura dan Majelis Syura diterapkan dalam Tata Politik Islam. Hal ini umumnya didasarkan ...  [selengkapnya]
oleh Dr. Muhammad Iqbal, M.Ag.
Rp 75.000
Rp 63.750
  [selengkapnya]
oleh Greg Fealy, Sally White
Rp 75.000
Rp 63.750

Gelombang pasang globalisasi dan modernisasi menerjang dunia Islam dan 200 juta umat Muslim di Indonesia menghadapi itu dengan mengekspresikan ...  [selengkapnya]


Lihat semua buku sejenis »




Advertisement