Khrisna Pabhicara

Lahir di Borongtammatea, Jeneponto sekitar 89 kilometer dari Makassar, Sulawesi Selatan pada 10 November 1975. Putra kelima dari sepasang petani, Yadli Malik Dg. Ngadele dan Shafiya Djumpa, ini adalah pencinta prosa dan puisi.

Telah menganggit 16 buku, baik fiksi maupun nonfiksi. Buku pertamanya, 12 Rahasia Pembelajar Cemerlang, diterbitkan oleh Kolbu pada 1987. Setelah itu, satu demi satu buku dianggitnya. Cerpen pertamanya, Rumah Panggung di Kaki Bukit, dimuat di Republika (September 2009). Esai pertamanya, Kampung Juru Masak, dimuat di Jawa Pos (Oktober 2009). Selain belajar menulis, dia juga gigih belajar menyunting. Hingga saat ini, dalam rentang lima tahun, penyuka jazz dan instrumentalia ini sudah menyunting 43 buku, baik fiksi maupun nonfiksi.

Buku nonfiksi karyanya yang disukai khalayak adalah Kamus Nama Indah Islami (bersama Bani Shahida; Zaman, 2010). Adapun senarai kisahnya, Gadis Pakarena (Dolphin, 2012), masuk 10 besar KLA 2012. Novel pertamanya, Sepatu Dahlan (Noura Books, 2012) termasuk dalam 5 Besar Anugerah Pembaca Indonesia 2012. Dalam beberapa pekan yang akan datang, dia akan meluncurkan novel kedua, Surat Dahlan, sekuel dari novel pertamanya itu.

Ayah dua orang putri—Shahrena Adenia Pabichara dan Shahrayya Adelia Pabichara ini kerap disapa Daeng Marewa. Sehari-hari bekerja sebagai penulis dan penyunting lepas. Dia juga aktif dalam berbagai kegiatan literasi. Bersama teman-teman pengicau di Twitter, dia ikut menggagas Gerakan #KoinSastra, sebuah gerakan untuk membantu PDS H.B. Jassin. Selain itu, ikut terlibat menemani Pak Raden, Drs. Suyadi, dalam upaya mendapatkan kembali hak intelektual atau hak cipta Si Unyil. Saat ini, bersama teman-temannya di Rumah Kata Bogor, sedang menginisiasi Kelas Anggit Narasoma kelas menulis gratis di Bogor.

Penyuka sepakbola dan penggemar FC Barcelona ini bisa disapa lewat akun twitter: @1bichara, facebook: Khrisna Pabichara Marewa atau fanpage: Khrisna Pabichara dan pesan pendek lewat: 0812-1979-2898.

Apakah anda seorang pengarang? Silahkan kontak kami di cs@bukabuku.com untuk memperbarui biografi anda

Beberapa buku yang pernah ditulis oleh Khrisna Pabhicara:
Komik Sepatu Dahlan
oleh Khrisna Pabhicara, Tita Larasati
(1)
Rp. 35.000
Rp. 28.000 (20% OFF)
Stock di Gudang Supplier
Antologi Cinta
Hanya Cinta yang Menguatkan Kita
oleh Klub Buku Indonesia, Khrisna Pabhicara, Sefryana Khairil, Loryta Chai, Adenita Priambodo
Rp. 42.000
Rp. 33.600 (20% OFF)
Stock di Gudang Supplier
Kamus Nama Indah Islami
oleh Bani Shahida, Khrisna Pabhicara
Rp. 30.000
Rp. 24.000 (20% OFF)
Stock di Gudang Supplier
Gadis Pakarena
oleh Khrisna Pabhicara
Stock tidak tersedia
(7)
Stock tidak tersedia
10 Rahasia Pembelajar Kreatif
Belajar Jadi Lebih Efisien, Efektif, dan Menyenangkan
oleh Khrisna Pabhicara
Stock tidak tersedia
Trilogi Dahlan Iskan #2: Surat Dahlan
oleh Khrisna Pabhicara
(1)
Stock tidak tersedia
Stock tidak tersedia