Nia Dinata

Nia Dinata lahir di Jakarta tanggal 4 Maret 1970. Ia lulusan Elizabethtown College, Pennsylvania, jurusan Komunikasi Massa dan mengambil program khusus produksi film di New York University.

Setelah pulang dari Amerika tahun 1995, Nia mengerjakan berbagai proyek komersial untuk televisi. Pada tahun 1998, ia memenangi penghargaan Gambar Terbaik dan Drama Terbaik dalam Festival Sinetron Indonesia untuk drama lepas yang berjudul Mencari Pelangi. Sejak saat itu, ia banyak menyutradarai berbagai iklan televisi dan klip musik. Film layar lebar pertamanya adalah Ca Bau Kan, yang diproduksi tahun 2001.

Sebagai sutradara film ini, Nia memegangi penghargaan Best Promising New Director dan Best Art Director di Asia Pacific Film Festival.Pada bulan April 2003, bersama-sama Afi Shamara, Nia menjadi produser dan meluncurkan film kedua yang berjudul Biola Tak Berdawai. Film ini juga merupakan debut bagi seorang sutradara independen, Sekar Ayu Asmara. Sejak Arisan! di-release bulan Desember 2003, Nia banyak mengikuti festival film internasional di luar negeri.

Film tersebut dinilai memberi warna lain dalam dunia perfilman Indonesia sehingga banyak mendapat pujian dari kritikus film dalam dan luar negeri.

Apakah anda seorang pengarang? Silahkan kontak kami di cs@bukabuku.com untuk memperbarui biografi anda

Beberapa buku yang pernah ditulis oleh Nia Dinata:
Stock tidak tersedia